plus_platform_usaha_sosial_inclusive_islands_program_header_optimized

PLUS bekerja sama dengan British Council dan Social Enterprise Academy UK meluncurkan program ini untuk membina komunitas usaha sosial di seluruh Indonesia melalui pengembangan kapasitas bisnis.

plus_platform_usaha_sosial_inclusive_islands_program_activities_optimized

20 inisiator lokal (#impactinitiators) dari 5 kota di Indonesia telah terpilih untuk bergabung di cohort pertama program ini.

Medan, Sumatera Utara

Kenalan dengan #impactinitiator dari Medan, Sumatera Utara

usaha_sosial_inclusive_islands_ahmad_hakiki_sekolah_sungai_goriver_600px

Ahmad Hakiki

Sekolah Sungai Go-River

Sebagai sungai yang bersejarah, kondisi Sungai Deli saat ini memprihatinkan karena terdapat banyak sampah. Kiki tergerak untuk mendirikan Go River, sebuah komunitas yang menginisiasi kegiatan untuk menyelamatkan Sungai Deli dengan mengadakan preservasi sungai dan edukasi dalam bentuk aktivitas seperti menanam pohon, menyebar benih ikan, dan memberikan pendidikan tentang ekosistem sungai.

usaha_sosial_inclusive_islands_elim_sigalingging_kalantara_600px

Elim Sigalingging

Kalantara

Elim mendirikan Kalantara sebagai penyedia jasa bagi turis untuk mengenal sisi lain dari sejarah dan budaya di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Elim merasa bahwa budaya dan sejarah merupakan aset yang sangat berharga dan akan punah jika tidak dilestarikan oleh generasi saat ini.

usaha_sosial_inclusive_islands_tisa_lim_sirkam_600px

Tisa Lim

Sirkam (Sirkulasi Kreasi Perempuan)

Tisa mendirikan SIRKAM sebagai forum bagi wirausaha perempuan di bidang industri kreatif untuk saling berjejaring, berkolaborasi, dan berkomunikasi. Tisa percaya, bahwa perempuan bisa menjadi individu yang mandiri secara ekonomi dan menjadi kuat ketika berkumpul dalam satu wadah yang sama, yaitu SIRKAM.

usaha_sosial_inclusive_islands_hertauli_harianja_salonkita_id_600px

hertauli Harianja

SalonKita

Hertauli mendirikan salonkita.id sebagai wadah bagi perempuan untuk belajar tentang pengelolaan salon dan memberikan kursus singkat untuk menata rambut. Misi Hertauli mendirikan salon kita yaitu memberikan pendidikan berupa keterampilan bagi perempuan di Medan. Hertauli memberikan inspirasi bagi para perempuan untuk terus berkembang dan melawan stigma yang ada di masyarakat.

Jadi bagian dari komunitas usaha sosial Medan

nosse_logo_ig

#impactinitiators Medan mengajakmu, para social enterprise enthusiast yang ingin berkolaborasi, berdiskusi dan bekerja bersama dalam mendorong perkembangan komunitas usaha sosial di Sumatera Utara! Follow instagram NOSSE (North Sumatera Social Enterprise) di @nosse.id untuk informasi lebih lanjut.

Padang, Sumatera Barat

Kenalan dengan #impactinitiator dari Padang, Sumatera Barat

usaha_sosial_inclusive_islands_atikah_risyad_family_farm_lintau_600px

Atikah Risyad

Family Farm Lintau (Fam Lintau)

Atikah mendirikan Family Farm Lintau, sebuah usaha sosial di bidang agro-tourism untuk mengembangkan sektor pariwisata dan pertanian di Lintau. Melihat potensi yang sangat besar dari keindahan alam Lintau, Atikah menawarkan pengalaman berupa sesi menenun, sesi berkebun, outbond dan tur sawah bagi para turis yang datang ke Lintau.

usaha_sosial_inclusive_islands_mulyadi_syafar_alldesain_600px

Mulyadi Syafar

AllDesain

Adi melihat potensi bahwa mahasiswa di Kota Padang membutuhkan wadah untuk mencari sumber pendapatan tambahan. Adi mendirikan Alldesain sebagai wadah bagi mahasiswa di Padang yang memiliki kemampuan desain dan IT untuk bekerjasama dengan perusahaan yang membutuhkan jasa desain, proyek IT, desain logo, dsb.

usaha_sosial_inclusive_islands_tisna_syafnita_bimbel_600px

Tisna Syafnita

Tisya Bimbel

Tisna mendirikan Tisya Bimbel sejak 2019. Tisya Bimbel didirikan karena kekhawatiran Tisna terhadap tingkat pendidikan anak-anak di Desa Kumbayau, Sawahlunto yang masih rendah. Kegiatan yang ditawarkan oleh Tisya Bimbel yaitu les bahasa Inggris dan pelajaran lainnya dengan harga yang terjangkau.

usaha_sosial_inclusive_islands_ulil_fikri_elhaq_kelompok_usaha_nurani_mandiri_600px

Ulil Fikri Elhaq

Kelompok Usaha Nurani Mandiri

Ulil mendirikan Nurani Mandiri sebagai upaya untuk mengentaskan masalah ekonomi di wilayah pesisir pantai di Pasie Nan Tigo. Ulil melihat adanya hambatan masyarakat dalam mengelola sumber daya laut dan mencari alternatif mata pencaharian. Nurani Mandiri berusaha untuk mendorong ibu-ibu pesisir agar dapat membantu ekonomi keluarga dan menyelesaikan masalah perekonomian di sana.

Jadi bagian dari komunitas usaha sosial Padang

sec_sumbar__logo

#impactinitiators Padang mengajakmu, para social enterprise enthusiast yang ingin berkolaborasi, berdiskusi dan bekerja bersama dalam mendorong perkembangan komunitas usaha sosial di Sumatera Barat! Follow instagram SEC- SUMBAR (Social Enterprise Community West Sumatra) di @sec.sumbar untuk informasi lebih lanjut.

Pontianak, Kalimantan Barat

Kenalan dengan #impactinitiator dari Pontianak, Kalimantan Barat

usaha_sosial_inclusive_islands_deman_huri_intan_600px

Deman Huri

Intan

Deman mendirikan INTAN sebagai upaya untuk memberdayakan tumbuhan tengkawang. Deman membuat mentega dari tengkawang dan dijadikan sebagai bahan-bahan makanan, kosmetik, dan produk obat-obatan. INTAN juga terus berupaya mengembangkan produk-produk lainnya dari tumbuhan tengkawang.

usaha_sosial_inclusive_islands_feliani_pipetkite_600px

Feliani

Pipet Kite

Sebagai warga Pontianak, Feli memiliki keresahan atas ketidaksadaran warga di Pontianak atas dampak penggunaan plastik. Oleh karena itu, Pipet Kite, usaha sosial yang didirikan oleh Feli bertujuan untuk menyelesaikan masalah plastik dengan menjual sedotan dari bahan bambu. Selain itu, Pipet Kite juga merupakan wadah bagi ibu-ibu agar lebih berdaya dan terampil dengan membuat sedotan.

usaha_sosial_inclusive_islands_maya_safitri_desa_lemukutan_600px

Maya Safitri

Desa Lemukutan

Karena masih tingginya angka pengangguran di Pulau Lemukutan, Maya melihat potensi pengentasan pengangguran dengan melakukan pengelolaan terhadap rumput laut dan mengaktivasi potensi pariwisata di Pulau Lemukutan. Bisnis Sosial yang diinisiasi oleh Maya, tidak hanya memberikan dampak secara finansial, tetapi juga menjadi cara yang efektif untuk mengatasi masalah sosial yang ada.

usaha_sosial_inclusive_islands_ryan_oktafiandi_berkahbarang_id_600px

Ryan Oktafiandi

Berkah Barang

Adanya ketimpangan ketersediaan alat-alat penunjang sekolah antara anak-anak di kota dan di desa mendorong Ryan untuk mendirikan berkahbarang.id, sebuah wirausaha sosial yang menjadi wadah crowdfunding peralatan sekolah di wilayah Kalimantan Barat. Semangat Ryan merupakan kekuatan bagi anak-anak di wilayahnya agar dapat merasakan kualitas pendidikan dan alat-alat penunjangnya dengan baik.

Jadi bagian dari komunitas usaha sosial Pontianak

#impactinitiators Pontianak mengajakmu, para social enterprise enthusiast yang ingin berkolaborasi, berdiskusi dan bekerja bersama dalam mendorong perkembangan komunitas usaha sosial di Pontianak! Hubungi ________ untuk informasi lebih lanjut!

Makassar, Sulawesi Selatan

Kenalan dengan #impactinitiator Makassar, Sulawesi Selatan

usaha_sosial_inclusive_islands_andrew_resna_toko_sebelah_600px

Andrew Kresna

Toko Sebelah

Andrew mendirikan TOKOSEBELAH sebagai unit bisnis dari sebuah perpustakaan independen yang telah berdiri selama 5 tahun bernama Katakerja. TOKOSEBELAH fokus menjual kaos, totebag, notebook, dan tumbler. Selain itu, TOKOSEBELAH juga menjadi wadah bagi penulis, seniman, atau pengrajin untuk menjual produknya.

usaha_sosial_inclusive_islands_jamaluddin_daeng_abu_rumah_koran_600px

Jamaluddin Daeng Abu

Rumah Koran

Dengan latar belakang sebagai petani, Jamal mendirikan Rumah Koran sebagai usaha sosial untuk mengoperasikan komunitas petani dengan produk berupa toko-toko bahan pertanian organik, pengalaman bertani, homestay, dan daur ulang plastik menjadi kerajinan bunga plastik.

usaha_sosial_inclusive_islands_taufan_gunawan_lentera_negeri_600px

M. Taufan Gunawan

Lentera Negeri

Kondisi anak-anak yatim dan buruh anak yang tidak dapat bersekolah menginspirasi Taufan untuk mendirikan Lentera Negeri, sebuah komunitas bagi pemuda untuk mengajar anak-anak yatim dan miskin di Makassar serta memberikan pendampingan bagi ibu-ibu. Untuk mendorong kegiatan tersebut, Taufan juga mendirikan kelompok bisnis dengan fokus kuliner, kerajinan tangan, dan jasa.

usaha_sosial_inclusive_islands_rusmanhadi_takbir_bine_600px

Rusmanhadi Takbir

Bine

Kegagalan bukan berarti berhenti. Inilah prinsip yang dipegang Hadi saat mendirikan BINE, yaitu sebuah usaha sosial yang memberikan konsultasi dan motivasi untuk pemuda di Makassar. Untuk mendukung kegiatannya, BINE memproduksi gantungan kunci, tote bag, dan pin. BINE hadir untuk menyebarkan inspirasi kepada pemuda dan mendorong kepemimpinan pemuda.

Jadi bagian dari komunitas usaha sosial Makassar

#impactinitiators Makassar mengajakmu, para social enterprise enthusiast yang ingin berkolaborasi, berdiskusi dan bekerja bersama dalam mendorong perkembangan komunitas usaha sosial di Makassar! Hubungi ________ untuk informasi lebih lanjut!

Jayapura, Papua

Kenalan dengan #impactinitiator dari Jayapura, Papua

usaha_sosial_inclusive_islands_dodik_kurniawan_youth_forum_clothing_600px

Dodik Kurniawan

Youth Forum Clothing

Dengan semangat untuk meningkatkan informasi tentang kesehatan reproduksi di Jayapura, Dodik mendirikan Youth Forum Clothing, sebuah bisnis sosial yang menjual pernak-pernik seperti kaos, gantungan kunci, dan botol minum yang bertujuan untuk mendanai program pendidikan kesehatan reproduksi. Tujuan dari Youth Clothing Forum yaitu untuk memberikan edukasi yang dapat mencegah masalah kesehatan reproduksi di kalangan remaja di Jayapura.

usaha_sosial_inclusive_islands_elisabet_apyaka_parapara_buku_600px

Elisabet Apyaka

Parapara Buku

Elis mendirikan Parapara Buku atas keresahannya terhadap minat baca yang rendah dan sulitnya mendapat akses buku yang berkualitas. Parapara buku memberikan kesempatan untuk warga Jayapura mendapatkan buku dengan harga yang murah. Selain itu, Parapara Buku juga menyediakan perpustakaan untuk masyarakat yang ingin mendapatkan pengetahuan baru melalui buku-buku yang berkualitas.

usaha_sosial_inclusive_islands_indah_fitriyani_genyemology_600px

Indah Fitriyani

Genyemology

Melihat permasalahan sampah yang terjadi di desanya, Indah berinisiatif untuk melakukan gerakan yang bertujuan memberikan edukasi bagi masyarakat Genyem dalam mengelola sampah. Hal ini yang menjadi dasar lahirnya rumah belajar Genyemology. Kegiatan yang dilakukan oleh Indah yaitu pengelolaan dan daur ulang sampah yang diolah menjadi kerajinan tangan. Semangat Indah untuk mendorong perubahan merupakan oase baru di tengah masyarakat Genyem.

usaha_sosial_inclusive_islands_seriany_tonglo_khenambay_eco_recycling_600px

Seriany Tonglo

Khenambay Eco Recycling

Karena adanya aturan pemerintah yang melarang penggunaan plastik, Serin terinspirasi untuk membuat usaha daur ulang sampah plastik menjadi tas belanja melalui Khenambay Eco Recycling. Usaha yang diinisiasi Serin ini juga berupaya untuk memberdayakan warga sekitar yang pengangguran dan putus sekolah. Selain daur ulang sampah plastik, ke depannya Khenambay Eco Recycling juga ingin mendaur kain perca menjadi selimut, taplak meja, sarung bantal, dan sebagainya.

Jadi bagian dari komunitas usaha sosial Jayapura

#impactinitiators Jayapura mengajakmu, para social enterprise enthusiast yang ingin berkolaborasi, berdiskusi dan bekerja bersama dalam mendorong perkembangan komunitas usaha sosial di Jayapura! Hubungi ________ untuk informasi lebih lanjut!

The Inclusive Islands program is also the first step in PLUS's long term plan to form an offline community where the local initiators will become PLUS's partners in developing the social entrepreneurship ecosystem in their area.

More About the Program

Program activities:

  • Leadership bootcamp
    Selected local initiators will attend an intensive 5-day training in Jakarta hosted by the Social Enterprise Academy UK. Participants will not only learn about leadership,the local initiators will also get a chance to hone their entrepreneurship skills through social entrepreneurship classes during the bootcamp.
  • Business development support
    In addition to the bootcamp, local initiators will receive regular online consultation and assistance from PLUS team and relevant parties who can help develop their social enterprises.
  • Community building support
    The local initiators will also be provided with the knowledge and opportunities to apply skills in developing and mobilizing communities in their cities. At the end of the program there will be the launch of the Impact Initiator community in the 5 cities.

About the Social Enterprise Academy

Social Enterprise Academy, a social enterprise headquartered in Scotland, UK is here to share transformational learning & development that focuses on leadership, entrepreneurship, impact and personal development for organisations supporting social enterprises throughout the world. Social Enterprise Academy has 14 years of experience in providing business, financial and business networking training. Using learning techniques tailored to individual abilities and needs, Social Enterprise Academy offers a more comprehensive learning experience than training in general.

About PLUS

PLUS exists to support and develop a social entrepreneurial ecosystem in Indonesia through consultation, research and social innovation programs. Uniting experience from the unique remote islands contexts of Indonesia and Scotland, this partnership between PLUS and the Social Enterprise Academy aims to create a transformational change in scale and resilience of Indonesia’s support ecosystem for inclusive and creative enterprises in remote communities.

About the British Council and the DICE Program

This program is an initiative of the British Council, through the DICE (Developing Inclusive and Creative Economies) Collaboration Grant that supports the development of creative and social enterprises in the UK and five major developing countries, one of which is Indonesia.