Apa Saja yang Akan Dipelajari di Inclusive Islands?

Pendaftaran untuk menjadi Impact Initiator di Inclusive Islands masih dibuka hingga 4 hari lagi. Masih belum mendaftar? Jangan sampai menyesal karena melewatkan kesempatan belajar yang seru ini! Yuk kita simak keseruannya

 

Apa saja, sih, yang akan dipelajari di Inclusive Islands?

 

Fokus pada kepemimpinan di wirausaha dan komunitas

Rasakan pengalaman mendapatkan pembelajaran dari SEA yang telah digunakan di banyak kegiatan dan sekolah di 12 negara. Mulai dari pengembangan diri, pengembangan organisasi dan kepemimpinan dalam berbagai konteks komunitas menjadi bagian dari kurikulum SEA. Berikut adalah sekilas mengenai pembelajaran yang bisa teman-teman dapatkan jika terpilih sebagai Impact Initiator.

  • Kepemimpinan dan konteksnya dalam kewirausahaan dan komunitas

 

Poin ini membahas pengenalan mengenai konsep kepemimpinan dan relevansinya dengan pekerjaan dan kehidupan. Kepemimpinan dalam konteks perusahaan dan komunitas juga dapat membantu untuk mengembangkan pola pikir bertumbuh dalam mengevaluasi ide atau kegiatan.

 

  • Visi diri dan organisasi

 

Berfokus pada visi masing-masing usaha sosial, kita akan bersama-sama menjelajahi perjalanan kepemimpinan individu tiap peserta. Tujuannya adalah untuk membangun kesadaran bersama bahwa visi akan menjadi bahan bakar bagi organisasi atau usaha serta memahami apa saja yang perlu ditingkatkan dalam hal kepemimpinan peserta.

 

  • Kepemimpinan otentik dan kiat meningkatkan kualitas kepemimpinan

 

Mengetahui bagaimana kita bisa mempertahankan kualitas diri sebagai pemimpin otentik, membongkar kekuatan dan kelemahan serta mengoptimalkannya untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan kita. Meningkatkan kualitas kepemimpinan dan memahami apa yang perlu kita lakukan sebagai pemimpin untuk menjaga ekosistem dengan baik.

 

Kurikulum mengenai kepemimpinan yang dimiliki SEA menggunakan metode kepemimpinan transformasional, di mana metode yang digunakan bersifat dua arah, yaitu menggunakan fasilitasi bukan pengajaran dengan metode ceramah. Selain itu, menghargai keunikan setiap individu dan usaha, pembelajaran yang berbasis tutor sebaya juga banyak digunakan. Tidak lupa pula, kami ingin memastikan bahwa pembelajaran yang didapatkan dapat membuat perubahan permanen sehingga kami menghargai pembelajaran dan pengembangan diri dengan menciptakan situasi belajar yang kondusif dan nyaman.

 

Belajar dari pengalaman orang lain

Setelah melakukan lebih dari 50 kegiatan yang melibatkan berbagai macam komunitas di Indonesia, PLUS telah berinteraksi dan bekerja sama dengan ratusan kelompok dengan karakteristik yang beragam. Banyak sekali cerita unik yang kami dapatkan dari para wirausaha sosial dan kami pun tidak sabar untuk dapat membagikannya pada teman-teman.

 

Program Inclusive Islands bukan hanya bootcamp selama 5 hari saja, namun berkelanjutan hingga 12 bulan. SEA dan PLUS akan menjadi rekan berpikir teman-teman dalam mengembangkan usaha dan juga mengembangkan ekosistem kewirausahaan sosial di daerah teman-teman. Oleh karena itu, teman-teman akan langsung menerapkan pembelajaran yang didapatkan pada saat bootcamp di masa pendampingan pembentukan komunitas. Di akhir periode program, komunitas kewirausahaan sosial yang telah dipersiapkan akan diluncurkan dalam sebuah peluncuran akbar komunitas.

 

Tidak sabar untuk segera memberikan dampak bagi ekosistem kewirausahaan sosial? Segera daftarkan dirimu di usahasosial.com/id/inclusiveislands

We are looking for Impact Initiator!

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top