social enterprise

SE Class 3: Time to Make It Happen!

Social Entrepreneurship Class 3 merupakan sesi terakhir dari kelas yang diadakan dengan tujuan memberikan gambaran mengenai bagaimana memulai usaha sosial sendiri. Setelah menemukan misi diri pribadi di SE Class 1 dan mengevaluasi ide usaha sosial dengan social business model canvas, kali ini saatnya untuk membuat perencanaan usaha. Karena ide hanya akan berakhir di otak jika tidak dituangkan dalam perencanaan bisnis.
 

Perencanaan bisnis biasanya berbentuk proposal yang menerangkan secara detail dan rinci bagaimana bisnis berjalan untuk mencapai tujuannya. Dalam beberapa kondisi, proposal bisa juga berupa pitch deck. Tujuannya sama, yaitu untuk memudahkan dalam menceritakan mengenai bisnis kepada orang lain. Bagaimana founder mengemas isi pitch deck juga tergantung untuk siapa “cerita bisnis” ini ditujukan. Misalnya, jika rencana bisnis ini hendak ditujukan untuk mengkikuti Competition, Grants atau Awards, sebaiknya pitch deck menjawab mengenai apakah bisnis ini sejalan dengan agenda dan strategi yang diinginkan oleh penyelenggara? Atau, jika hendak ditujukan kepada Impact Investor, konten pitch deck harus mampu menjawab apakah ada financial dan impact return?
 

Apa saja sih komponen pitch deck?  Secara umum, di awal pitch deck, harus mencakup apa misi yang akan dicapai usaha (mission), bagaimana usaha mendefinisikan masalah yang ingin diselesaikan (problem), apa yang dilakukan oleh bisnis untuk menyelesaikan masalah tersebut (solution). Selanjutnya, founder harus bisa menggambarkan dengan jelas bagaimana karakteristik spesifik pasar yang akan disasar (customer profile), bagaimana proses bisnis yang dilakukan (business process). Lalu, pitch deck akan menjadi sangat komprehensif bila founder dapat memetakan sebesar apa konsumen yang akan dituju (market size), analisis mengenai kompetitor yang memiliki bisnis serupa, bagaimana strategi pemasaran produk atau jasa (meliputi segmenting, targeting, positioning), strategi perusahaan dalam jangka waktu yang lebih jauh (long term strategy), bagaimana proyeksi keuangan perusahaan, dan kontak tim.
 

Secara umum, kamu juga bisa download pitch deck template di sini.

Share this page

facebook twitter linkedin whatsapp telegram messenger gmail yahoomail outlook

Stay Updated

Get the latest update about Indonesia Impact Community. Subscribe to our weekly newsletter now!