kindness

Invest in Kindness on Social Entrepreneurship Meet Up 2

Social Entrepreneurship Meet Up 2 pada 14 Juni 2017 di DBS Bank Tower yang lalu merupakan acara kolaborasi antara UnLtd Indonesia, Impact Hub Jakarta, Platform Usaha Sosial, dan bank DBS. Di acara ini, para pelaku social enterprise, supporter, dan enthusiast bertemu untuk bertukar pikiran mengenai topik yang diangkat, yaitu Invest in Kindness. Di acara tersebut hadir pula pembicara yaitu Gigih Rezki Septianto – Co-Founder wecare.idJulia Tan - Head of Project Rumah Sakit Apung, Doctor Share, dan Mariko Asmara, Angel Investor ANGIN.

Invest in Kindness diangkat menjadi tema spesial sesuai dengan atmosfer berbagi yang kental di bulan Ramadan. Investasi tidak hanya berbentuk dana saja, namun bisa jadi sesederhana ide, tenaga, waktu, dan pikiran yang dicurahkan untuk berbuat baik di berbagai macam tempat. Di SE Meet Up kemarin, di mana orang-orang baik berkumpul, peserta diminta untuk memilih kelompok-kelompok kebaikan. Kelompok yang ada meliputi Ekonomi & Keuangan, Budaya & Pariwisata, Makanan & Agrikultur, Kesehatan & Disabilitas, Edukasi & Teknologi, serta Lingkungan & Energi. Mereka berkumpul untuk berdiskusi ringan mengenai:

     1. Why do you want to Invest in that kindness?
     2. 
What do you already do or want to do in that kindness?
     3. 
What are the challenges in it?

Pengalaman dari para peserta memberikan insight yang luar biasa. Semua peserta telah melakukan kebaikan dengan berbagai macam cara. Ada yang pernah menjelajah daerah-daerah terluar di Indonesia dan memberikan edukasi kepada warga di sana. Ada pula yang pernah memberikan pemberdayaan bagi warga miskin yang tidak pernah merasakan makan di restoran makanan cepat saji, padahal mereka tinggal di pinggiran pemukiman elit kota. Pengalaman hidup yang berharga itulah yang membuat peserta SE Meet Up bertekad untuk terus berbuat baik di bidang-bidang tersebut dengan berbagai macam cara. Lagi-lagi, kita diingatkan untuk terus menjaga semangat dengan mengingat alasan di balik setiap perbuatan.

Para pembicara juga memberikan insight menarik. Gigih dengan WeCare.id menceritakan bagaimana pengalaman mengembangkan business model yang bisa membantu penggalangan dana bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan biaya kesehatan. Julia membagikan cerita di balik Doctor Share yang telah membantu puluhan ribu orang-orang di daerah-daerah terpencil kepulauan Indonesia dengan rumah sakit apung dan rumah sakit terbang. Founder Doctor Share mungkin tidak akan terpikir untuk membuat rumah sakit apung sebelum didatangi oleh seorang ibu yang membawa anaknya yang sedang sakit mengarungi lautan dengan perahu kecil menuju layanan kesehatan yang hanya ada di pulau lain. Mariko Asmara, dari perspektif investor, juga menceritakan kebahagiaan yang dia dapatkan dengan membantu mewujudkan ide-ide kebaikan yang dia temui.

Banyak cara untuk berinvestasi dalam kebaikan. Bagaimana cara Anda?
 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this page

facebook twitter linkedin whatsapp telegram messenger gmail yahoomail outlook

Stay Updated

Get the latest update about Indonesia Impact Community. Subscribe to our weekly newsletter now!