social innovation innovative

WeCare.id Berangkat ke Berlin sebagai Finalis Utama dari Bayern Aspirin Social Innovation Award

“Hal yang nampaknya mustahil ternyata dapat dilakukan.”

Pada bulan Desember 2016, Wecare.id terpilih sebagai salah satu finalis utama (top finalist) dari Aspirin Social Innovation Award yang didukung oleh Bayer. Gigih Septianto berkesempatan untuk melakukan pitching WeCare.id di depan dewan juri di Berlin. Peluang ini diraih melalui Starthub Asia Berlin Network, dan berbagai relasi yang Gigih dapat melalui jejaring pertemanan dan kesempatan-kesempatan yang dimilikinya. PLUS, rekan negara (country partner) SHAB di Indonesia,  mengundang Gigih untuk berpartisipasi di roadshow yang mereka lakukan di Asia dan berangkat menemui wirausahawan-wirausahawan dari Berlin, Bangalore, Manila, dan bahkan di kampung halaman di Jakarta.

PLUS mewawancarai Gigih mengenai pengalaman beliau di Berlin. Jawaban terlampir di bawah ini (dengan sedikit penyuntingan):

Bagaimana rasanya terpilih menjadi finalis utama dari Aspirin Social Innovation Awards dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi WeCare.id di masa mendatang?

Saya merasa sangat terhomat dan bersyukur atas penominasian penghargaan tersebut. Kandidat-kandidat lainnya sangatlah hebat dan saya sangat kagum dengan komitmen mereka untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat melalui inovasi-inovasi yang mereka ciptakan. Saya tidak hanya belajar dari kandidat-kandidat lainnya, namun juga dari semangat yang ingin dibawa oleh penghargaan ini—saya berharap Bayer akan terus mendukung perjuangan wirausahawan sosial dari berbagai belahan dunia di tahun-tahun mendatang.

Berpartisipasi di tahap final di Berlin telah mempengaruhi WeCare.id dalam banyak hal. Partisipasi tersebut membantu kami untuk melihat bahwa hal yang nampaknya mustahil ternyata dapat dilakukan. Setelah melihat ragam inovasi dari kandidat-kandidat lainnya, kami menjadi termotivasi untuk bekerja lebih keras dan menjadi lebih baik lagi setiap hari. Saya berharap sorotan yang didapat dari penghargaan ini juga membuat kami mendapat semakin banyak dukungan lagi. Kami berharap dapat membawa WeCare.id ke Eropa!

Apa yang Anda pelajari dari finalis-finalis lainnya yang dapat berguna untuk teman-teman Wirausahawan Sosial lainnya di Eropa?

1. Komitmen yang kuat terhadap perjuangan (cause) yang Anda percayai. Hal ini menurut saya yang paling penting. Sebagian dari kandidat-kandidat lain berusaha membesarkan inovasi mereka selama bertahun-tahun. Passion dan komitmen yang kuat akan membantu kita dalam melalui hambatan dan rintangan.

2. Pikiran yang terbuka terhadap berbagai kemungkinan dan potensi kolaborasi. Contohnya adalah RFRC (refugeefirstresponsecenter.com), di mana sebuah inovasi alat penampung barang-barang medis (medical container kit) tercipta berkat usaha kolaboratif dari berbagai ahli, seperti dari bidang kesehatan, komunitas, insinyur, pengusaha, dan lain-lain. Semuanya bekerja bersama-sama dan membawa keahlian mereka masing-masing untuk menyediakan akses kesehatan di kawasan-kawasan yang sulit dijangkau seperti di refugee hotspot atau di zona konflik atau bencana.

3. Keuletan dan ketekunan dalam mengiterasi solusi. Salah satu pemenang penghargaan dari Aspirin adalah LifeShift (www.rso-lifeshift.com/en/), mereka membangun medical kit sterilizier bertenaga surya. Inovasi tersebut merupakan hasil dari iterasi yang hati-hati dan konsisten dari waktu ke waktu.

Apa pertanyaan yang paling menarik dari dewan juri di sana dan bagaimana Anda menjawabnya?

Kami mendapat satu pertanyaan yang berhubungan dengan isu etis mengenai bagaimana WeCare.id membuat keputusan atas jenis-jenis pasien yang kami bantu. Hal tersebut sebenarnya sudah menjadi fokus utama bagi kami dan kami telah mengembangkan prosedur yang etis dari segi medis dan klasifikasi penghasilan. Sejauh ini, kami sudah bekerja sama dengan rekan-rekan medis yang terpercaya, termasuk dengan dokter, rumah sakit, dan bahkan departemen kesehatan dari pemerintah lokal untuk melakukan verifikasi pasien dan mengembangkan prosedurnya.

Ingin ikut mendukung Gigih dan teman-teman Wecare.id? Yuk kenali mereka lebih lanjut di website: wecare.id :)

Posted in ,

Share this page

facebook twitter linkedin whatsapp telegram messenger gmail yahoomail outlook

Stay Updated

Get the latest update about Indonesia Impact Community. Subscribe to our weekly newsletter now!