B-Corp: Setting the Standards for Social and Environmental Performance

What is B-Corp

Preferensi konsumen dalam membeli produk atau menggunakan jasa kini telah berubah. Seiring dengan meningkatnya kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, konsumen yang dulunya merasa cukup dengan membeli produk yang berkualitas baik, kini baru merasa puas jika mereka menggunakan produk atau jasa dari perusahaan yang ‘baik’. Konsumen di Indonesia mulai tertarik untuk membeli dari perusahaan yang tidak hanya baik secara manajemen dan memiliki produk yang berkualitas, namun juga memberi manfaat pada pihak-pihak lain, termasuk pada masyarakat secara umum. Mengakomodasi hal tersebut, perusahaan-perusahaan di dunia mengambil sertifikasi B-Corporation (B-Corp) untuk perusahaannya. Apa itu B-Corp? B-Corp adalah sertifikasi yang diselenggarakan oleh B-Lab yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang menggunakan bisnisnya untuk memberikan perubahan positif kepada lingkungan dan masyarakat sekitarnya. Perusahaan dengan B-Corp telah terverifikasi memenuhi standar yang tinggi dalam hal performanya di lingkungan dan sosial, memiliki transparansi dan akuntabilitas yang baik. Aspek yang dinilai dalam sertifikasi B-Corp meliputi: environment, community, customers, workers, dan governance.

Why we register for B-Corp

Rabu, 3 Mei 2017 yang lalu, PLUS bersama dengan Coworkinc., Impact Hub Jakarta, Jakarta Social Entrepreneurs Community, dan Collective.id mengadakan diskusi panel Impact Nights mengenai hal ini dengan menghadirkan Kai Stober Paul dari Indosole dan Samantha Jackson dari Percolate Galactic. Indosole dan Percolate Galactic adalah dua perusahaan yang merupakan pelopor B-Corp di Indonesia. Indosole merupakan perusahaan penyedia alas kaki yang berbasis di Bali dan California. Alas kaki Indosole berasal dari kulit yang sudah tidak digunakan yang berhasil diubah menjadi produk dengan desain yang indah. Percolate Galactic merupakan advertisement agency yang memegang kunci keberhasilan branding berbagai perusahaan besar di Indonesia. Di Indonesia, sertifikasi B-Corp pertama kali diambil oleh Percolate Galactic.

Indosole dan Percolate Galactic memiliki alasan tersendiri sebelum memutuskan mengurus sertifikasi B-Corp. Menurut Kai, bisnis tidak hanya harus menguntungkan, namun juga harus tetap bertanggung jawab. “People, planet, and profit” adalah tiga hal yang selalu diingat oleh Kai dalam menjalankan perusahaannya. Setiap pengusaha harus memikirkan sisi bisnis dari perusahaannya dengan serius namun tidak boleh melupakan segi kebermanfaatan mereka terhadap lingkungan. Senada dengan hal tersebut, Percolate Galactic mengemukakan bahwa mengambil sertifikasi B-Corp adalah usahanya untuk menjaga agar pemikiran mengenai usaha yang bertanggung jawab akan selalu mereka ingat. Dengan bergabung dengan B-Corp Community di seluruh dunia, Samantha merasa bisa menjaga idealisme perusahaan. Menjadi perusahaan dengan B-Corp tidak akan serta merta membuat perusahaan menjadi kaya. Terlebih lagi di Indonesia, banyak konsumen yang masih belum mengerti apa itu B-Corp. Berbeda dengan di luar Indonesia, misalnya di Amerika Serikat, di mana perusahaan seakan dituntut untuk memiliki B-Corp sebagai bentuk tanggung jawab mereka kepada masyarakat.

What benefit that we gain from being a B-Corp

Lalu, apa untungnya mendapatkan sertifikasi B-Corp?

Bergabung dengan B-Corp community mempermudah perusahaan dalam menemukan orang-orang dengan kepedulian yang sama, mulai dari konsumen, partner, investor, dan banyak pihak lainnya. Tidak menutup kemungkinan pihak-pihak ini bisa membantu dalam hal material maupun emosional. Sertifikasi B-Corp dapat Seperti yang dikemukakan oleh Samantha, menjadi B-Corp memberikan kepuasan pribadi bagi dirinya. Standar yang ditetapkan oleh B-Corp meyakinkan mereka bahwa usaha mereka benar-benar telah terukur dalam memberikan impact bagi orang-orang yang terlibat dalam bisnis: karyawan, komunitas, lingkungan. Kai, juga menambahkan bahwa sertifikasi B-Corp yang cukup panjang dan komprehensif dapat menjaga mereka untuk tetap menaruh perhatian penuh pada perjalanan bisnis sehari-hari. Di Indosole, Kai meyakini bahwa memberikan impact ke lingkungan sosial harus dilakukan di setiap proses bisnis, dari hulu ke hilir.

Seritifikasi B-Corp memfasilitasi pengusaha untuk tetap pada idealismenya dalam memberi impact, sekaligus menguntungkan bagi usaha dalam hal menggaet konsumen dan partner yang lebih spesifik. Pengusaha yang telah tersertifikasi B-Corp juga akan mejadi inspirator bagi pengusaha lain untuk melakukan hal yang sama. Dengan kata lain, akan makin banyak orang yang peduli dengan kebaikan yang bisa diberikan melalui bisnisnya. Tertarik untuk menjadi salah satu inspirator kebaikan? Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut tentang B-Corp, kamu bisa cari tahu di sini: https://www.bcorporation.net/

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top