disabled difabel

4 Alasan yang Membuat Fanny Tidak Berhenti Berjuang Membantu Komunitas Disable menjadi ThisAble

Fanny Evrita adalah Head of Product Development di ThisAble Beauty Care. Asli Pontianak, keterbatasannya sebagai penyandang tuna daksa tidak menyurutkan semangatnya membangun ThisAble demi membantu teman-teman difabel lain. Dengan slogan beauty with purpose, Fanny percaya bahwa setiap orang memiliki definisi 'cantik' masing-masing, "Don't let society define your worth and beauty" katanya. Tidak terkecuali bagi teman-teman disabilitas, Fanny yakin seseorang tetap bisa tampil menarik dan percaya diri. Berikut adalah 4 alasan yang mendorong Fanny menginspirasi kaum disabilitas melalui usaha sosialnya:

1. Cari kerja untuk diri sendiri itu sudah biasa, tapi menciptakan lapangan kerja untuk kaum difabel melalui bisnis sosial, itu prestasi

Meskipun sekarang ini sudah banyak perusahaan yang terbuka dalam mempekerjakan difabel, namun Fanny merasa kesempatan yang ada masih sangat terbatas. Padahal, dia percaya banyak hal besar yang bisa dilakukan dengan menjadi wirausahawan sosial. Jika bekerja di kantor, gaji yang dia dapatkan hanya untuk dirinya sendiri, namun dengan membangun bisnis sosial Fanny bisa menciptakan pekerjaan dan berbagi rejeki dengan teman-teman difabel lain. Sebuah prestasi yang luar biasa, kan?

2. Uang bisa habis, tapi dampak sosial melalui kewirausaahaan sosial akan berkelanjutan

Bagi Fanny rejeki itu tidak hanya uang, tapi bisa juga berupa teman, relasi dan kesempatan untuk memberikan manfaat bagi orang lain. Kenyataan yang dihadapi Fanny, uang bisa saja habis dan hilang, namun dengan mendirikan bisnis sosial, dampak yang diberikan bisa terus ada. Dampak positif dari sebuah usaha akan terus dibutuhkan oleh masyarakat.

3. Sukses bisa dilakukan bersama-sama

“Jangan sampai ada orang seperti aku yang menunda mimpinya sendiri.” Berawal dari pandangan itu, Fanny mencoba mengajak siapa pun termasuk teman-teman difabel menjadi mitra This Able. Mitra berkesempatan menjadi supplier bahan baku, membantu proses produksi hingga menjual kembali produknya. Jika kamu ingin tahu cara-cara melibatkan komunitas di Usaha Sosial, kamu dapat pelajari disini. Karena seperti kata Fanny, kesuksesan jadi lebih bermakna saat banyak orang yang juga dapat manfaatnya.

4. Banyak teman-teman disabilitas yang masih perlu didukung untuk menyadari potensinya

Setiap orang terlahir dengan kemampuan uniknya masing-masing, tidak terkecuali teman-teman difabel. Sayangnya tidak semua orang menyadari hal tersebut. Dengan ThisAble, Fanny ingin menunjukkan potensi mereka kepada masyarakat luas. Untuk itu, Fanny siap berbicara satu-persatu dengan banyak difabel lain agar terdorong untuk memulai mengembangkan setiap potensi yang mereka miliki. Jangan biarkan kekurangan yang kamu miliki membuatmu berhenti berkarya dan berjuang. Setiap orang berhak untuk memaksimalkan potensi dirinya. Kisah inspiratif Fanny dari ThisAble Beauty Care ini menjadi bukti bahwa potensi diri sebagai perempuan disabilitas yang tidak menyerah akan kondisi diri walaupun itu berat sekalipun. Fokus kepada passion kamu, dan jangan biarkan keterbatasan atau tantangan menjadi hambatan.

Bagaimana denganmu, apa alasan yang membuat kamu terus berjuang untuk Usaha Sosialmu ?

______________________________

ThisAble Enterprise adalah usaha sosial yang memiliki misi untuk meningkatkan kemandirian kaum disabilitas dengan menjadikan mereka wirausahawan sosial melalui program ekonomi kreatif. Untuk belajar lebih dalam tentang This Able Enterprise, kunjungi situs mereka di http://thisable.org/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this page

facebook twitter linkedin whatsapp telegram messenger gmail yahoomail outlook

Stay Updated

Get the latest update about Indonesia Impact Community. Subscribe to our weekly newsletter now!