teknologi technology

Teknologi Hapus Hambatan untuk Membangun Indonesia

MetroTV - Tergolong sebagai industri baru Indonesia, Dhini menilai, potensi yang dimiliki crowdlending sangat besar. Ia juga menyebut, industri ini menjadi hal yang banyak diincar oleh pelaku bisnis dan startup, serta akan menjadi hal besar baru di Indonesia. Menurutnya, penilaiannya ini juga berdasarkan dengan semakin banyak organisasi crowdfunding, serta dukungan yang besar dari pemerintah Indonesia.

 

“Seperti yang kita tahu ya, pemerintah Jokowi juga menyiapkan supaya Indonesia menjadi sasaran investasi digital di tahun 2020, dengan membangun 1000 technopreneur.”

 

Peran teknologi sendiri dalam perkembangan GandengTangan.org juga dinilai Dhini sangat besar. Selain karena merupakan layanan berbasis teknologi, perkembangan teknologi juga membantu dalam memfasilitasi panggilan alami dalam diri seseorang untuk membantu orang lain dengan lebih mudah, serta tanpa terhambat masalah lokasi, melalui platform yang disediakan oleh GandengTangan.org. Sehingga, lanjutnya, semakin mudah untuk seluruh masyarakat untuk membantu berkontribusi dalam membangun Indonesia.

 

Dhini juga menyarankan, untuk membangun startup, setiap individu atau organisasi harus terlebih dahulu mengetahui permasalahan yang ingin diselesaikannya. Setelah itu, individu atau organisasi dapat mencari celah di masyarakat untuk dapat mengetahui produk yang dibutuhkan dan diproduksi. Dhini juga menyebut untuk tidak mengkhawatirkan kemiripan ide yang dimiliki dengan startup yang sudah lebih dulu beroperasi.

 

“Jangan khawatir ide yang kita punya sudah dijalankan dan mirip dengan ide orang lain. Startup bisa dengan mengolah ide yang sudah ada, ngeliat kekurangannya dan masukin something new di dalamnya.”Menjadi pemenang Telkomsel Next Dev 2015, diakui Dhini, membuka banyak peluang untuk GandengTangan.org. Kemenangan organisasinya dinilai Dhini menjadi bukti bahwa ide yang ia dan rekannya usung, dapat diterima oleh masyarakat. Selain lebih banyak mendapat perhatian dari berbagai media, kemenangan ini juga memberikan kesempatan untuk GandengTangan.org untuk bertemu dengan berbagai mentor berpengalaman di dunia teknologi dan startup, serta rekan sesama pelaku startup. Hal ini dimanfaatkannya dan rekan, untuk mendapatkan banyak masukan dan saran membangun, serta saling berbagi dan membantu.

 

Kemenangan ini juga berdampak terhadap validasi pasar, yang masih menjadi fokus utama GandenTangan.org untuk tahun ini. Selain itu, Dhini juga mengungkap, GandengTangan.org berencana untuk merambah ke bidang mikrobisnis atau UKM. Namun, mengingat resiko bisnis tipe ini tergolong besar, lanjut Dhini, GandengTangan.org masih akan melanjutkan proses penelitian dan pematangan produk sebelum memutuskan meluncurkannya untuk masyarakat.

Share this page

facebook twitter linkedin whatsapp telegram messenger gmail yahoomail outlook

Stay Updated

Get the latest update about Indonesia Impact Community. Subscribe to our weekly newsletter now!