PLUS | Platform Usaha Sosial

pertanian agriculture marketplace

Martani adalah badan usaha yang diberi mandat oleh KRKP (Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan), sebuah koalisi yang beranggotakan LSM pendamping petani, untuk menjadi penghubung antara petani produsen di pedesaan dan konsumen perkotaan. Usaha pokok Martani adalah perdagangan pangan sehat hasil produksi petani dampingan anggota KRKP. Martani saat ini belum berbadan hukum. Pada saatnya nanti, Martani dirancang sebagai badan usaha berbentuk perseroan terbatas (PT) dengan spirit koperasi. Wujudnya adalah PT tanpa ada pemegang saham mayoritas. Setiap pemegang saham mempunyai kekuatan suara yang sama, one man one vote. Calon pemegang saham PT Martani adalah semua pelaku pada rantai perdagangan pangan sehat. Martani merupakan bahasa Jawa, sebagai laku (predikat) mempunyai arti “menghidupi” dan sebagai subyek/obyek dimaknai sebagai “sumber penghidupan”. Martani dapat dipandang sebagai penggabungan dua suku kata: Mart dan Tani, Mart dalam Bahasa Inggris berarti pasar, dan Tani berarti petani. Sehingga Martani dapat dimaknai sebagai pasarnya petani, “tempat” dimana petani dapat memasarkan produknya.

Sektor:
Agriculture, Fishery & Forestry

Provinsi / Kota:
, Yogyakarta

Website:
https://shopee.co.id/maguantara5678

Pemetaan Profil Usaha Sosial di Indonesia

PLUS dengan bangga meluncurkan sebuah laporan tentang kewirausahaan sosial berjudul: "Pengembangan Ekonomi Inklusif dan Kreatif: Lanskap Usaha Sosial di Indonesia". Seiring dengan tumbuhnya minat atas usaha sosial, kami berharap laporan ini bisa menjadi basis pembuatan keputusan dan mendukung perkembangan usaha sosial di Indonesia.

Usaha sosial yang disurvey dalam riset ini mewakili sebuah sektor baru yang kuat dan telah menunjukkan potensi mereka dalam menyelesaikan masalah sosial dan lingkungan di Indonesia.

Potret ekosistem, yang didasarkan respon sekitar 500 responden, menunjukkan bahwa sektor kewirausahaan sosial vibran, dinamis dan bertumbuh.

Share this page

facebook twitter linkedin whatsapp telegram messenger gmail yahoomail outlook

Stay Updated

Get the latest update about Indonesia Impact Community. Subscribe to our weekly newsletter now!